Senin, 22 April 2013

Cara Menyetel Kopling Sepeda Motor



Menyetel Kopling

Menyetel kopling gampang-gampang susah,tapi bagi anda yang ingin belajar,yang tadinya susah jadi gampang.
Umumnya sistem kopling sepeda motor ada 2 :
1.Sistem Kopling Manual

Cara menyetel kopling jeis ini bisa kita lakukan pada tangkai kopling atau mur setelan dibagian bak mesin,karena kopling jenis ini menggunakan tali kopling.
Menyetelnya cukup memutar baut/mur penyetel sesuai keinginan,yang penting ada jarak bebasnya.Kenapa harus ada jarak bebasnya...? ya supaya kopling tidak menekan/bekerja saat kita lepas tangkai kopling.
Ingat juga jangan terlalu lebar jarak bebasnya,yang ada nanti kopling tidak bekerja saat menekan tangkai kopling.Menyetel kopling tanpa ada jarak bebas menyebabkan kopling slip sehingga umur kampas kopling berkurang atau cepat aus.


2.Sistem Kopling Otomatis

Kopling jenis ini tidak menggunakan tangkai kopling dan tali kopling,tapi menggunakan kopling ganda.
Cara menyetelnya:
a.kendorkan mur pengunci setelan
b.putar baut setelan sampai mentok kekanan
c.putar balik baut setelan kekiri kira-kira satu atau satu setengah putaran tergantung setelan yang diinginkan
d,pastikan pedal operan gigi ada jarak bebasnya,dengan menekan kebelakang
e.setelan anda yakin,kencangkan kembali mur pengunci baut setelan sambil menahan baut setelan,Teslah dengan mengoper gigi,lakukan langkah diatas,sampai anda yakin setelannya pas.

Gimana bro,.....gampang kan....! Tinggal kendorkan dan kencangkan aja,.... heeee
Semoga Bermanfaat,Selamat Menyetel Yaaaaa.....!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar