Pengisian Batray/Aki Sepeda Motor
Sistem Pengisian Batray/Aki pada sepeda motor merupakan sistem penting dalam sebuah sepeda motor,terlebih pada sepeda motor yang menggunakan batray/aki sebagai sumber pengapian.
Sistem pengisian bermasalah bisa menyebabkan motor tidak bisa dihidupkan,kenapa demikian,....?
ya,...karena arus batray habis,sedangkan sumber arus pengapian dari batray/aki.
OK teman-teman.pada postingan kali ini akan saya ulas sedikit masalah pengisian batray/aki,simak terus yaaaaa,.....
hal-hal apa sajakah yang perlu anda lakukan,.....?
Untuk menyelesaikan masalah ini kita harus tahu jalur pengisian batray,ini dia bro jalurnya :
SPULL PENGISIAN - KIPROK/RECTIFIER - BATRAY/AKI
Mari kita ulas satu persatu:
1.Spull Pengisian
Langkah manual mengecek apakah spull pengisian bagus atau tidak sama dengan langkah manual cara mengecek spull pengapian,cuma beda warna kabel aj.biasanya ceh warna kuning,tergantung motor apa yang anda tangani.
Cara manualnya tempelkan 1 kabel spull pengisian kemasa tekan kuat-kuat,yang 1 tekan mengambang,kemudian kick.ini yang 2 kabel lho bro,...contohnya mega pro lama.lihat ada api tidak,....?
ada api, spull bagus,tidak ada api, spull mati.
2.Kiprok
Apa fungsi kiprok,pada umumnya fungsi kiprok adalah mengatur arus pengisian ke batray/aki dan juga mengatur arus kelampu.Tapi pada motor yang pengapiannya tanpa ada spull pengapian,kiprok juga berfungsi mengatur arus ke CDI,pada sistem pengapian jenis ini,kiprok menjadi komponen yang sangat penting,karena menjadi sumber pengatur arus ke batray/aki,lampu,dan CDI.
Kerusakan Kiprok bisa menyebabkan:
a.bohlam lampu sering putus
b.arus aki/batray cepat habis/tekor
c.pada sistem pengapian DC,kerusakan kiprok menyebabkan mesin susah dihidupkan atau bahkan tidak bisa hidup
Cara Mengecek Kiprok
Dengan catatan mesin masih bisa hidup,pada posisi mesin hidup,buka terminal plus batray,kemudian tempelkan kemassa,lihat,....ada percikan api = bagus,ada tapi kecil=kiprok sudah akan mati,tidak ada api=ganti baru,haaaa.
3.Batray/Aki
Jika arus pengisian bagus tapi aki sering tekor,sudah dipastikan aki rusak=sowak,karena sudah tidak bisa lagi menyimpan arus.tapi jika anda ingin mengganti aki,langkah awal yang harus anda lakukan adalah mengecek apakah sistem pengisian pada motor anda normal atau tidak,cara mengeceknya,....ya itu diatas.percuma kan ganti aki kalau sistem pengisiannya rusak.buang-buang duit aja.haaa
Demikian penjelasan sedikit dari saya,ada salah dan kurangnya minta maaf,semoga bermanfaat.Amiiiiin,....!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar